Butir – butir Pancasila

isi butir butir pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

(1) Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
(2) Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
(3) Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
(4) Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang
menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
(6) Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
(7) Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

(1) Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
(2) Mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.
(3) Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
(4) Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
(5) Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
(6) Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
(7) Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
(8) Berani membela kebenaran dan keadilan.
(9) Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
(10) Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

3. Persatuan Indonesia

(1) Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
(2) Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
(3) Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
(4) Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
(5) Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
(6) Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
(7) Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

(1) Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
(2) Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
(3) Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
(4) Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
(5) Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
(6) Dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
(7) Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
(8) Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
(9) Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
(10) Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

(1) Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
(2) Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
(3) Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
(4) Menghormati hak orang lain.
(5) Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
(6) Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
(7) Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
(8) Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
(9) Suka bekerja keras.
(10) Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
(11) Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

81 Responses to “Butir – butir Pancasila”

  1. Dwipayana Says:

    Apa yang dimaksud dengan suka kerja keras??
    Apa contohnya suka bekerja keras pada sekarang ini dan apa gunanya?

    • Invincible kid Says:

      bekerja keras = melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh demi capai suatu tujuan.

      contohnya:
      Perhatikan anak kecil… mereka sering bertanya apa yg dia lihat pada orang tua atau orang disekitarnya… mereka akan terus bertanya tanpa lelah, (walaupun membuat orang tuanya jengkel dan marah) sampai mendapatkan jawaban yg mudah mereka mengerti.. (mereka bekerja keras supaya tujuannya tercapai..)

      Perhatikan balita yg belajar berdiri… mereka akan terus mencoba sampai mereka bisa berdiri, berjalan hingga berlari..

      dua contoh di atas, masih ada sampai sekarang ini..

      apa gunanya? jika anda pernah bekerja keras.. pasti akan tau apa gunanya..
      tapi sekarang ini.. orang yg lebih dewasa bukan bekerja keras lagi.. tapi sudah mencapai bekerja cerdas.. (lebih efektif dan efisien)

    • ocha Says:

      Suka bekerja keras adalah orang yang senang melakukan hal baru yang belum dia kerjakan sebelumnya,tanpa mengenal putus asa.

      Kegagalan tak jadi masalah baginya. Karena kegagalan dianggap sebagai pelajaran,sebagai kesuksesan yang tertunda.

      Contohnya seorang petani.
      Pada musim kemarau seperti ini, petani mengalami kegagalan panen. Hasil panennya tidak seperti hasil panen sebelumnya.

      Gunanya?????
      Banyak sekali……..
      Kamu pasti tau apa gunanya, jika kamu pernah melakukannya. Pernah merasakan kerja keras

    • sanggam simanjuntak Says:

      bagus sekali , supaya dapat memajukan jiwa kerja sama dan jiwa gotong royong yang baik

  2. ocha Says:

    Pancasila adalah Dasar Negara RI. Kita sebagai generasi muda Indonesia harus mempunyai jiwa kepancasilaan. Kita harus menerapkan makna yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

  3. aamg Says:

    Jaman sekarang ga percaya cuma dengan omongan, mending buktiin dulu ucapan’y sendiri.. manusia jaman sekarang sudah pandai berkata indah dan manis”, tp bukti dr ucapan’y NOL!!! Kalau setiap manusia selalu berucap kata dan tujuan’y untuk menghimbau orang lain, siapa yg dihimbau klo manusia yg dihimbau jg menghimbau org lain.. think before you speechless
    coba untuk mau melakukan apa yg sudah kita pelajari dulu waktu tk dan sd… jangan kejauhan ngomong macem” liat dulu diri sendiri…

  4. zhiea Says:

    bantuin cari contoh kongkrit dari pancasila sila ke 2 onk…
    susah ini….

  5. anonymous Says:

    it’s very good to learn about this country coz i’m the new comer from USA Thank,..,.,,

  6. daeng rompa Says:

    nice post. Selamat hari kesaktian pancasila.

  7. widhiandono Says:

    sila keempat salah..
    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan…

    bukan: … oleh hikmah kebijaksanaan….

    hikmat dan hikmah beda, bung….

  8. anggia putri Says:

    cinta product indonesia pengamalan sila ke berapa?

  9. angga Says:

    wew (“^3^)

  10. lintan Says:

    cinta negara kami lagi ada tugas pkn sd kls6 internet sangat mwnbantu

  11. ridho Says:

    mau j adi pns rian botak sdm o3 unggulan jalan paus jl. lumba lumba rian anak paling bodoh dia naik kelas korupsi mamak naya /rian tompel dia paling jahayt benci sama negara dan sby katanya sby tu gilo

  12. ridho Says:

    sanuiopo tu aneh

  13. ridho Says:

    kata lintang pak sby no 1 .kata jepri sby itu ccd

  14. Shamuya Says:

    makasih yah gan artikel’x,..,.,jadi gak susah” cari jawaban di buku,.,.he ee

  15. alifa Says:

    contoh dari butir butir pancasila dari 1-5 apa aja sii?

  16. dewi Says:

    tq ya postingannya

  17. iwan Says:

    pha dampaknya jika tidak d amal kan butir-butr pncasila d atas???

  18. rara Says:

    lagi nlis nih bwt tgs peer bsk

  19. elitezer Says:

    thankssss

  20. erlaouw Says:

    thx atas postingnya (lgi ada tgs)

  21. anha Says:

    heahhh..
    mesti hapal nih butir2nyaa

  22. Chibi Says:

    Tlg dong sebutin contoh konkrit dlm masyarakat pengamalan sila 1-5, ada tgs dr dosen neh. Makasih :D

    • suzimuhyi Says:

      Pengamalannya masing-masing sila sudah diwakili oleh butir-butir masing-masing sila di atas, saya kira cukup kita amalkan saja butir-butirnya, misal, jangang memaksakan suatu keyakinan dengan cara menghipnotis orang lain yang sekarang lagi marak.

  23. rudy_sangpenakluk Says:

    kami cinta negara Indonesia karena banyak budaya sing apik2

  24. Grasella Says:

    Saya sebagai siswa sd saya ucapkan terimakasih atas diberi pengetahuan

  25. Grasella Says:

    pegel juga tangan saya.. because mencatat semuanya di buku.. -__-

  26. kevin Says:

    berguna banget nih..

  27. copo all Says:

    unyu

  28. kikie aja Says:

    ya,kita ptut bgga n brsyukur atas merdekanya bangsa indonesia….i miss u indonesia,tetep semangat!

  29. haikal Says:

    makasih kaka ……

  30. dina cahyani Says:

    gyla harus ngapalin butir-butir pancasila
    banyak bgd
    huftt

  31. calvin Says:

    sangat berguna untuk selama-lamanya nih…

  32. Fitria Adianti P Says:

    Artikel ini membahas lengkap tentang butir-butir pancasila, thanks ya :)

  33. Mita Says:

    i love pull indonesia….

  34. icha 이차 Says:

    maksihh!! akhirnya tugas pkn aku terselesaikan! ^_^

  35. Mhia Says:

    Huff…
    Byk bnget btir2 pancasilax jd pgel2 nich tgn…. Apa lg mau d kumpul bsk jd tmbh skt n pgel2 tganq :(

  36. Mhia says Says:

    Huff…
    Byk jg nich yg hrus d ctat apa lg mau d kmpul bsk jd tmbh kwatir nich mau slesai ap tdk??? :(

  37. Fadjar Nolus Says:

    thanks ya atas artikelnya :D

  38. QoirudinChrista Says:

    siphh.. :-)

  39. Vesper Evangeline Says:

    thx for the info… :)

  40. Abdii Says:

    Tolong bantu saya dalam mencari Contoh dari sila ke 1 – 5 Donk . .
    Please yaa bantu saya
    Kalau tau kirim ke email saya yaa
    abdie.permana@ymail.com

    Terimakasih :)

  41. yus25121225 Says:

    setiap warga negara indonesia memiliki rasa cinta kepada pancasila serta bitir -bitr agar terwujut pandangan bangsa indonesia dan pancasila itu merupakan dasar dari bangsa indonesia namun sebagai warga negara indonesia menanam dalam hati dan implementasikan tempat mana saja kita berada dalam kehidupan sehari-hari.

  42. livialiphliph Says:

    apa yang dimaksud dengan usaha-usaha yang bersifat pemerasann terhadap orang lain? Berikan contohnya ya??

  43. Irsyad Red.Fox Says:

    It’s good learn about our country, please visit my blog….

  44. Valen Says:

    Untung aja d internet ad butir” pancasila ,jdi bisa dgn mudah sy mencari tugas” ttg PPkn…

  45. BEN 7 Says:

    Mantablah ..
    Tpi harus Diterapin Lahhh
    Jngn hanya Jdi PAJANGAN NEGARA AJA …

  46. ibda kirana Says:

    wahwah panjang banget y tapi kerennn

  47. imam Says:

    is very good.
    @@[1:[0:1:KEBUMEN CitY]p]

  48. sephia Says:

    tolong dong bantu saya mengkaji penentangan FPI dilarang masuk Kalteng berdasarkan asapek Pancasila
    plis bantu saya y

  49. fadhil Says:

    makasih yaaa modulnya,tugas gw selesai deh

  50. danang Says:

    Sangat setuju ndengan butir pertama sila Pertama
    ……menyatakan percaya dan taqwa kepada Tuhan yang maha esa…yang sangat mewakili dan mencerminkan sifat dan dasar manusia atas kewajiban hidup di dunia

  51. Akarimm Says:

    subhannallah…Merdeka Bung…..Saya cari2 ternyata ada di sini….terima-kasih banyak Bung…Semoga amal ibadah Anda dapat imbal-balik yang sesuai dari yang maha Kuasa Allah SWT…Amienn..

  52. Fika Tan Says:

    contoh nya saya ,, pantang mundur menghadapi,, coba’an di negara yang penuh dengan korupsi ini,,, // tetap di sini jadi anak bangsa yang sllu menanti pemimpin nya untuk memajukan negara indonesia raya merah putih … merah darahku ,, putih tulangku,,,, // kalo pemimpin kita masih juga tetap korupsi,,, 1000 abad lagi pun indonesia ini tak akan pernah jadi negara maju,,,, ……………. laut dan darat menjerit ,,, saat kau korupsi,, tikus busuk,,,
    //salam cinta dan kasih untuk indonesia ku,,// aku akan datang mengangkatmu ke permukaan mata dunia,,,

  53. vina Says:

    Jika masyarakat Indonesia telah menerapkan butir- butir Pancasila, besar kemungkinan bangsa ini mampu menjadi Pemimpin dunia….

  54. Baggio Says:

    Nilai nilai Mulia dan Luhur yg tercantum di dlm Butir2 Pancasila. Luarbiasa. Sungguh nikmat hdp ini jika hal itu bs diimplementasikan scr nyata di dlm Kehidupan berbangsa dan bernegara ini.

  55. zally mega com Says:

    horas mbah

  56. zhilldan Says:

    keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
    butiran yg ke 7 tdk menggunakan hak milik yg bersifat pemborosan dan gya hidup mewah
    kenap pejabat2 masih bnyak yg hura n poya2 atas kemewahan nya

  57. Fadjar Says:

    Akhirnya rampoemg jg tugasnya….:-)
    thank’s broo

  58. riyugu Says:

    ini baik untuk pembelajaran

  59. Aditaaa Says:

    Baguus :D

  60. rozameutia Says:

    akhirnyaaaaaaaa jwban ny terselesaikan , jdi pngn blng cucokkkk abizzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  61. ndink kasep Says:

    Sila keberapakah kerja sama??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: